Tautan-tautan Akses

Jenderal Pinochet Ditempatkan di Bawah Tahanan Rumah - 2004-12-14


Pengadilan banding di Chile sedang mempertimbangkan apakah akan menempatkan mantan penguasa militer Augusto Pinochet di bawah tahanan rumah setelah seorang jaksa penuntut mendakwanya telah melakukan pembunuhan dan penculikan.

Jenderal Pinochet ditempatkan di bawah tahanan rumah hari Senin kemarin setelah seorang jaksa memutuskan bahwa mantan pemimpin berusia 89 tahun itu mampu menjalani persidangan. Tapi pengacara Jenderal Pinochet segera minta naik banding, dengan alasan usia lanjut klien mereka. Perintah itu kemudian ditunda. Dia dibebaskan sementara menunggu putusan pengadilan banding, yang mungkin akan diumumkan secepatnya hari Selasa ini.

Sebelumnya pada bulan ini, sebuah pengadilan banding di Chile mencabut hak kekebalan hukum Jenderal Pinochet untuk menjalani hukuman.

Jenderal Pinochet didakwa telah membunuh satu orang dan menculik sembilan orang lainnya dalam masa 17 tahun pemerintahannya.

Sekitar 3000 orang penantang politiknya dibunuh atau hilang selama masa kekuasaan Jenderal Pinochet dari tahun 1973 sampai tahun 1990.

XS
SM
MD
LG