Tautan-tautan Akses

Mahkamah Agung Ukraina Mengadakan Sidang Membahas Klaim Kelompok Oposisi  - 2004-12-02


Mahkamah Agung Ukraina mengadakan sidang lagi hari Kamis ini untuk membahas klaim kelompok oposisi mengenai kecurangan yang terjadi pada pemilihan presiden pekan lalu.

Perdana Menteri Viktor Yanukovych yang pro-Rusia dan pemimpin kelompok oposisi Viktor Yushchenko yang pro-Barat – dua calon dalam pemilihan itu – telah sepakat akan menunggu keputusan mahkamah itu sebelum mengadakan pertemuan berikutnya dalam upaya menyelesaikan pertikaian tentang siapa yang memenangkan pemilihan itu.

Yanukovych dinyatakan sebagai pemenang resmi pemilihan tambahan bulan Nopember itu, menyebabkan aksi protes dari pihak oposisi.

Kedua calon yang bersaing itu bertemu hari Rabu kemarin dengan Presiden Leonid Kuchma yang akan segera meletakkan jabatan. Presiden Kuchma mengatakan kedua calon itu sepakat untuk tidak menggunakan kekerasan untuk menyelesaikan krisis itu. Yushchenko juga telah setuju untuk menghentikan pemblokadean gedung-gedung pemerintah yang dilakukan oleh kelompok oposisi.

Yanukovych dan beberapa pejabat lainnya juga sepakat mengenai perlunya menjaga keutuhan wilayah negara Ukraina. Para tokoh badan legilatif di Ukraina timur mengancam akan mendirikan pemerintahan otonomi jika Perdana Menteri Viktor Yanukovych tidak menjadi presiden.

XS
SM
MD
LG