Tautan-tautan Akses

4 Anggota ASEAN Sepakat Menjalin Kerjasama Lebih Erat - 2004-11-28


Para pemimpin dari empat anggota dari 10 negara yang tergabung dalam Perhimpunan Negara Asia Tenggara(ASEAN) sepakat akan menjalin kerjasama yang lebih erat untuk mengejar ketinggalan mereka dari negara-negara tetangga yang lebih kaya.

Para pemimpin dari Kamboja, Laos, Vietnam dan Birma menandatangani persetujuan di Vientiane hari Ahad ini untuk mempererat hubungan perekonomian mereka dan menarik minat penanaman modal asing. Persetujuan ini keluar menjelang KTT ASEAN di Laos yang akan dimulai hari Senin besok.

Anggota ASEAN yang lebih kaya mencoba membantu keempat negara itu mengejar ketinggalan mereka dalam bidang ekonomi dengan cara mengizinkan mereka mencapai target yang lebih mudah dalam rencana untuk menghilangkan berbagai hambatan perdagangan sebelum tahun 2020. Mereka juga telah bergabung dengan negara-negara donor lainnya untuk memberikan bantuan biaya untuk proyek-proyek pembangunan, seperti pembuatan jalan dan mengembangkan pemerintahan yang lebih baik.

ASEAN berusaha mempersempit jarak pembangunan, menciptakan stabilitas dan kerjasama yang lebih erat dengan mitra dagangnya.

XS
SM
MD
LG