Tautan-tautan Akses

Norodom Sihamoni Mungkin akan Menggantikan Raja Norodom Sihanouk  - 2004-10-10


Perdana Menteri Kamboja mengatakan Pangeran Norodom Sihamoni mungkin akan segera ditunjuk sebagai pengganti ayahnya, Raja Norodom Sihanouk, yang mengumumkan pengunduran dirinya pekan lalu.

Berbicara di Phnom Penh hari Ahad, Hun Sen mengatakan Pangeran Sihamoni, seorang mantan penari balet, mungkin akan diajukan sebagai calon untuk dipilih oleh sebuah Dewan Tahta Kerajaan hari Kamis, jika ayahnya tidak membatalkan keputusannya untuk mengundurkan diri.

Dalam sebuah pernyataan hari Ahad, Raja Sihanouk tampaknya mendukung putranya untuk naik tahta, mengatakan Pangeran Sihamoni seorang yang non-partisan dan bahwa ini sesuai dengan keadaan Kamboja sekarang ini. Raja menghimbau rakyat Kamboja agar memilih seorang raja baru untuk menghindarkan kerusuhan atau kekacauan.

Berdasarkan UU Kamboja, Dewan Tahta Kerajaan yang beranggotakan sembilan orang harus memilih pengganti yang berdarah kerajaan dalam waktu sepekan setelah seorang raja turun tahta.

Raja berusia 81 tahun itu mencengangkan Kamboja hari kamis ketika ia mengumumkan ia turun tahta, menyebut sebagai alasan kesehatannya yang tidak baik.

XS
SM
MD
LG