Tautan-tautan Akses

Dua Ledakan Bom Mobil di Selatan Baghdad Tewaskan Sedikitnya 23 Orang - 2004-06-27


Para pejabat militer di Irak mengatakan, dua ledakan bom mobil di kota Hilla, di sebelah selatan Baghdad telah mengakibatkan banyak korban jiwa.

Polisi Irak dan rumah-rumah sakit mengatakan, ledakan Saptu malam itu menewaskan sedikitnya 23 orang. Hampir 60 orang lainnya dirawat kerena luka. Para pejabat militer AS sebelumnya telah mengemukakan, ledakan bom-bom itu menewaskan 40 orang, tetapi Ahad ini mereka mengubahnya bahwa jumlah korban sesuai dengan laporan Irak.

Ledakan di sekitar 60 Km sebelah selatan Baghdad itu terjadi sebelum koalisi pimpinan AS akan mengalihkan kekuasaan kepada pemerintah sementara Irak yang dipimpin oleh PM Ilyad Allawi. Dikemukakannya, terus terjadindya kerusuhan dapat memaksa penangguhan pemilu sampai sesudah Januari mendatang. Kepala baru pemerintah Irak juga mengatakan dalam artikel yang diterbitkan dalam suratkabar independen London, dia bermaksud akan memberikan amnesti kepada para penentang koalisi pimpinan AS, tetapi hanya kalau mereka belum pernah melakukan kejahatan apapun.

Menteri Pertahanan AS Donald Rumsfeld mengatakan lewat wawancara dengan tv Inggris Ahad ini, Washington memiliki rencana kontigensi untuk mengirimkan lebih banyak tentara ke Irak, tetapi tidak berencana melakukannya pada waktu ini.

XS
SM
MD
LG