Tautan-tautan Akses

Ersa Siregar dari RCTI TV Tertembak Mati di Aceh - 2003-12-30


Berbagai organisasi media lokal dan internasional menyerukan agar dilakukan investigasi atas insiden tewasnya reporter TV Indonesia karena tertembak dalam bentrokan antara pasukan pemerintah dan kaum pemberontak separatis di provinsi Aceh.

Militer Indonesia mengatakan, reporter itu, Ersa Siregar dari RCTI TV, tertembak mati Senin kemarin. Dikatakan bahwa penembakan itu merupakan kecelakaan. Siregar, sopir dan juru-kameranya diculik oleh pemberontak 29 Juni lalu. Sopir dapat menyelamatkan diri ,tetapi nasib juru-kameranya belum diketahui.

Di New York, Komisi untuk Melindungi Jurnalis menyerukan kepada pihak militer Indonesia agar melakukan investigasi secara tuntas atas insiden penembakan itu dan mengumumkan hasil penyelidikannya. Aliansi Jurnalis Independen Indonesia - menyalahkan militer dan pemberontak atas kematian reporter itu.

Siregar adalah wartawan kedua yang tewas dalam konflik Aceh yang berkobar lagi. Juru-kamera TVRI didapati tewas di sungai Juni lalu sesudah diculik dari kantornya.

XS
SM
MD
LG