Tautan-tautan Akses

Influenza Berjangkit di Amerika - 2003-12-23


Penyakit influenza sekarang sedang berjangkit di Amerika. Ruang-ruang gawat darurat rumah sakit di daerah-daerah yang terkena wabah itu terus sibuk memberikan perawatan bagi para penderita flu. Beberapa pakar kesehatan Amerika memperkirakan bahwa korban jiwa akibat flu tahun ini bisa melampaui jumlah korban rata-rata , yaitu 36. 000 jiwa.

Direktur Lembaga Nasional untuk Alergi dan Penyakit menular, Dokter Anthony Fauci, menggambarkan berjangkitnya influenza sekarang ini di Amerika. Dia mengatakan tahun ini tampaknya bisa menjadi tahun serius dalam kasus flu yang sekarang tampak telah merebak di 13 negara bagian pada akhir November, dan awal Desember yang biasanya mencapai puncaknya bulan Januari. Jadi sekarang ini merupakan masa flu parah yang berjangkit sebelum waktunya. Virus flu yang berjangkit sekarang ini adalah yang paling serius dari semua jenis influenza. Bahkan mereka yang sudah disuntik anti influenza tahun ini masih beresiko terkena flu.

Meskipun influenza yang merebak sekarang ini dianggap serius, Dokter Fauci sangat berhati-hati, belum menyebutnya sebagai epidemi. Banyak warga Amerika juga telah menyatakan prihatin bahwa mungkin tidak tersedia cukup vaksin influenza untuk melanjutkan pemberian suntikan.

Dokter Fauci mengatakan, meskipun tahun ini dibuat lebih banyak vaksin dibandingkan dengan sebelumnya, juga lebih banyak orang yang meminta disuntik anti flu daripada sebelumnya. Dokter Fauci juga menyarankan agar komunitas perawatan kesehatan umum membuat rencana untuk menjamin bahwa vaksin itu tersedia bagi mereka yang menginginkan suntikan influenza.

Pemerintah Amerika menyediakan 83 juta dosis dari pabrik, karena para pejabat kesehatan mengatakan, tidak lebih dari 80 juta yang diperlukan pada masa flu yang lalu.

Sekarang, Menteri Kesehatan Amerika Tommy Thompson mengatakan, Pemerintah mengirim dengan cepat 100 ribu dosis lagi ke seluruh Amerika untuk orang dewasa, dan berencana memesan 150 ribu dosis lagi untuk anak-anak dalam bulan Januari. Dia mengatakan akan terus mencari vaksin lagi kalau mungkin, dan menjajagi semua kemungkinan untuk membeli persediaan tambahan.

Menurut Pusat-Pusat Pengawasan dan Pencegahan Penyakit , flu telah menjangkiti ke 50 negara bagian di Amerika, paling tidak secara sporadis, meskipun belum mencapai puncaknya secara nasional di Amerika. Musim flu tahun ini mungkin memuncak bulan ini, bukan bulan Februari seperti biasanya. Karena vaksin flu terbatas keefektifan dan ketersediaannya, Direktur Pusat Pengawasan Penyakit

Dr. Julie Gerberding mengatakan orang bisa mengambil langkah-langkah lain untuk mengurangi pengaruh virus itu. Ini termasuk istirahat, minum banyak, minum obat standar yang tidak menggunakan resep dokter, dan gunakan obat-obat anti virus.

Diterjemahkan oleh Purwati Soeprapto

XS
SM
MD
LG