Tautan-tautan Akses

Kendaraan baru yang bernama Segway - 2003-10-14


Perkembangan teknologi tinggi di Amerika sangat pesat, antara lain dalam bidang industri pembuatan kendaraan bermotor, baik yang bertenaga bahan bakar bensin, disel, gas maupun listrik. Salah satu ciptaan yang baru dan unik adalah kendaraaan yang disebut Segway. Apa itu? Soeprapto bersama Purwati menyorot kendaraan unIk ini.

Kendaraan baru yang bernama Segway itu bentuknya aneh dan unik, lain dari yang lain, luar biasa, kelihatan sangat sederhana, kecil dan ringan. Untuk menggambarkan bagaimana wujudnya, begini: Anda pernah melihat atau mengenal kendaraan "otopet" kan? Ya, untuk gampangnya, seperti itulah wujudnya. Apa bedanya dengan "Segway"?

Satu, Segway bermesin yang menjalankan kendaraan itu, sedangkan otopet dijalankan dengan menggenjotnya ke depan dengan satu kaki berdiri di otopet, dan kaki satunya menjejak tanah untuk menggerakkannya maju. Jadi mudahnya, Segway adalah otopet bermesin. Perbedaan lainnya: landasan kaki pengendara otopet berbentuk papan memanjang ke depan sebagai landas kaki, sedangkan landasan kaki pada Segway berbentuk persegi empat, agak melebar sedikit ke kanan dan kiri, hanya cukup lebar untuk menempatkan kedua tapak kaki atau tapak sepatu pengendara. Satu lagi bedanya: kedua roda otopet di depan dan di belakang, sedangkan kedua roda Segway di kanan dan kiri.

Masih ada lagi: Segway diperlengkapi dengan giroskop, yakni mesin pengimbang sewaktu Segway berjalan, sedangkan otopet tidak. Keduanya, otopet dan Segway adalah kendaraan bagi perorangan. Untuk menggerakkan dan mengendarai otopet, pengendara harus menggenjotnya ke depan. Hanya ke depan. Sedangkan Segway dapat berjalan ke depan dan ke belakang. Apa yang menggerakkannya? Mesin. Mesin bertenaga listrik atau batrei. Bukan bertenaga bahan bakar bensin, disel ataupun solar, karena itu 100 persen tidak mengakibatkan polusi. Sama dengan otopet,

Alat kemudi Segway mirip dengan alat kemudi otopet, di depan pengemudi, seperti stang sepeda atau sepeda motor, guna membelokkannya ke kanan atau kekiri. Ada remnya juga. Nama lengkap Segway adalah Segway Human Transporter, atau sarana transportasi bagi perorangan. Dean Kamen, orang yang menciptakan Segway merancangnya sebagai kendaraan transportasi bermotor untuk perorangan. Segway, kendaraan perorangan pertama di dunia, yang diperlengkapi dengan atat untuk berjalan dengan seimbang . Segway ini bukan kendaraan beroda empat, melainkan beroda dua, muka dan belakang, seperti sepeda motor. Bedanya, sepeda motor hanya bisa dikendarai ke depan, sedangkan Segway, menurut penciptanya, dapat dikendarai maju dan juga mundur . Aneh, kan? Segway dirancang sebagai kendaraan jarak dekat.

Tonggak pengemudi Segway tampak seperti pada otopet berbentuk seperti tongkat besar mirip dengan pengemudi Vespa, hanya jauh lebih panjang, setinggi di atas pusar pengendara dewasa. Tongkat itu diperlengkapi alat pengendali dengan dua pegangan, kir dan kanan, bagi pengendara untuk membelokkannya ke kanan atau ke kiri. Persis seperti kemudi pada otopet. Tongkat dengan kemudi itu dihubungkan dengan landasan untuk kedua tapak kaki, dan dihubungkan pula dengan as kedua roda Segway.

Ada lagi keistimewaan Segway. Kendaraan ini dapat digerakkan ke depan atau ke belakang menurut kehendak pengemudinya. Kalau pengendara menggerakkan atau memiringkan badan ke depan, Segway bergerak ke depan juga, Kalau pengemudi menggerakkan atau memiringkan tubuh ke belakang, Segway menuruti bergerak ke belakang pula. Istimewa kan. Pengemudi dapat membelokkannya ke kanan atau ke kiri menurut kehendak pengendara.

Hebatnya juga, Segway dilengkapi dengan komputer dan giroskop untuk menggerakkannya dan membuatnya berjalan seimbang. Mesin Segway digerakkan dengan tenaga batrei, yang kalau habis atau mati dapat dicard atau diisi kembali dengan aliran listrik. Segway dapat dikendarai sampai berkecepatan 19 Kilometer per jam.

Pencipta Segway, Dean Kamen, pimpinan Perusahaan Riset dan Pembangunan, DEKA [deka]. di dekat kota Mancester, Negara-bagian New Hampshire, Amerika Serikat timur-laut. Dia merancang Segway untuk menggantikan mobil dan sepeda motor di pusat kota yang penuh kendaraan bermotor. Segway dimaksudkan untuk dapat membantu mengurangi polusi dan memecahkan masalah lingkungan lainnya. Namun demikian, Segway tidak dimaksudkan untuk dikendaraai di jalan besar, melainkan di jalur jalan sepeda.

Harga Segway hanya sekitar $ 5000.00, kira-kira Rp. 45 juta. Pencipta Segway mengumumkan ciptaanya dua tahun lalu, namun Segway baru dipasarkan tahuan 2003.

Perusahaan Segway "Deka" mengatakan, Segway telah digunakan banyak untuk pergi kerja dan belanja, untuk menggantikan berkendaraan mobil jarak dekat. Segway juga sudah digunakan oleh Dinas Kepolisian dan organisasi-organisasi lainnya untuk transportasi dalam menjalankan tugas kedinasan.

Kebanyakan negara-bagian di Amerika telah menyetujui digunakannya Segway oleh umum untuk berkendaraan di trotoir dan jalur jalan sepeda. Namun beberapa kota telah melarang Segway untuk digunakan di jalur yang digunakan orang berjalan.

Diterjemahkan oleh Soeprapto

XS
SM
MD
LG