Tautan-tautan Akses

Memorial Day - 2003-05-27


Pada minggu terakhir bulan Mei, warga Amerika memperingati Hari Pahlawan, untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur di medan perang. Itulah perbedaannya dengan Veteran’s Day yang biasa diperingati pada bulan November, pada hari ini mereka memperingati para pahlawan veteran yang masih hidup.

Menurut sejarah, Memorial Day semula disebut Decoration Day, karena pada hari itu warga Amerika menghias makam para pahlawan dengan rangkaian bunga dan bendera. Pada waktu Perang Saudara berlangsung, organisasi wanita di beberapa kota di Amerika bagian Selatan menghiasi makam-makam. Memorial Day pertama kali dicetuskan pada tanggal 5 Mei 1868 oleh Jenderal John Logan, Komandan Nasional Angkatan Darat (semacam KASAD di Indonesia). Setelah itu, peringatan hari pahlawan AS atau memorial day ini dilaksanakan tiap minggu terakhir bulan Mei.

Makam Pahlawan Arlington di negara bagian Virginia yang dekat dengan kota Washington, DC dan gedung Departemen Pertahanan, Pentagon, menjadi salah satu tempat peringatan Memorial Day. Menurut tradisi setiap tahun, Presiden atau Wakil Presiden AS meletakkan karangan bunga di makam pahlawan Arlington Cemetery.

Masyarakat AS tidak hanya memperingati peristiwa itu di makam, namun juga di beberapa tempat seperti di jalan-jalan dengan penyelenggaraan pawai, konser musik juga digelar di alun-alun kota. Khusus untuk ini, beberapa saluran TV juga menampilkan para aktris dan penyanyi terkenal. Peringatan Memorial Day tahun ini selain mengenang para pahlawan yang gugur dalam perang mempertahankan negara, juga menghormati jasa para petugas penyelamat jiwa manusia. Mereka antara lain para pahlawan dan korban serangan teroris 11 September 2001 serta awak kapal Columbia yang tewas ketika menjalankan misinya.

Dalam saluran TV PBS, ditayangkan berbagai peristiwa yang pantas dikenang dan diperingati, di antaranya, Perang Vietnam, Korea, dan perang melawan terorisme. Di situ diperlihatkan para isteri dan anak-anak yang ditinggalkan oleh suami dan ayahnya yang mendapat panggilan tugas militer. Peristiwa itu dirangkum menjadi sebuah latar belakang acara Memorial Day Concert, yang menampilkan penyanyi rohani Yolanda Adams dan penyanyi Broadway, Linda Eder dalam iringan National Symphony Orchestra dengan dirigen, Erich Kunzel. Aktor film seri TV, The Practice, Dylan McDermott berperan sebagai Mayor Lincoln Leibner, menuturkan pengalaman dirinya ketika menyelamatkan beberapa jiwa dalam peristiwa serangan 11 September. Acara TV yang berlangsung lebih dari dua jam ini makin berkesan dengan hadirnya penyanyi musik country, Lonestar menyanyikan lagu yang sedang hit, “I’m Already There”.

oleh: Puspita Sariwati

Sumber: www.pbs.org

XS
SM
MD
LG