Tautan-tautan Akses

Berbelanja Melalui Internet - 2003-01-22


Kini semakin banyak orang yang menggunakan komputer dan Internet untuk berbelanja. Aneka Info kali ini akan menengok bagaimana komputer dan Internet mengubah cara orang membeli berbagai macam barang dewasa ini.

Pada tahun 1995, sebuah perusahaan kecil mulai menjual buku dari kantor pusatnya di Seattle Washington. Perusahaan ini unik karena tidak memiliki toko untuk dikunjungi. Satu-satunya cara membeli buku dari perusahaan itu adalah dengan menggunakan komputer yang terhubung ke Internet.

Nama perusahaan tersebut Amazon dot com. Perusahaan itu salah satu bisnis pertama yang menjual produk melalui Internet. Perusahaan itu membuatnya mudah bagi kita membeli buku apa saja yang diinginkan. Kita menggunakan komputer untuk menghubungi websitenya supaya mendapat informasi tentang bermacam-macam buku. Setelah menemukan buku yang diinginkan, kita memesannya dan mengetikkan nomer kartu kredit kita untuk membayarnya. Karyawan perusahaan Amazon kemudian mengemas buku pesanan kita dan memposkannya keesokan hari. Jadi transaksi sangat sederhana.

Dewasa ini, Amazon dot com menjual buku kepada jutaan orang di lebih dari 220 negara. Amazon merupakan salah satu perusahaan paling sukses di Internet. Kini, Amazon tidak hanya menjual buku, melainkan juga mainan, musik, games dan peralatan elektronik, bahkan komputer.

Para pakar bisnis mengatakan membeli produk melalui Internet kini semakin populer. Mereka menambahkan bahwa belanja di Internet meningkat 36 persen dalam setahun terakhir ini. Para pakar itu mengatakan orang membelanjakan hampir 10 ribu juta dolar untuk membeli produk di Internet dalam semasa 9 bulan pertama tahun ini.

Para pembeli diperkirakan menghabiskan 14 ribu juta dolar lebih dalam tiga bulan terakhir tahun ini. Peningkatan besar dalam pembelian ini disebabkan hari Natal saatnya pemberian hadiah di Amerika. Musim pembelian ini biasanya dimulai sehari setelah Thanksgiving , hari Kamis terakhir pada bulan November, dan terus berlangsung hingga hari Natal, tanggal 25 Desember.

Banyak toko di Amerika yang tergantung pada hari Natal untuk meraup sebanyak 50 persen dari laba tahunannya. Apabila tidak banyak yang membeli menjelang Natal akan membuat toko rugi besar. Banyak bisnis yang segera menyadari bahwa mereka bisa meningkatkan penjualan dengan menawarkan produk mereka melalui Internet.

Membeli produk dengan bantuan komputer secara cepat memperluas jangkauan penjualan. Namun, gagasan membeli produk tanpa pernah mengunjungi toko bukanlah hal baru. Hanya cara membelinya yang berubah. Cara penjualan macam ini dulu disebut “mail order” atau memesan lewat pos.

Pada tahun 1861, seorang pemuda bernama Richard Sears membeli beberapa jam tangan. Sears bekerja pada Perusahaan Kereta Api Minneapolis dan Saint Louis. Ia menjual arloji kepada pekerja jalan kereta api lainnya. Tak lama kemudian ia menggaji anak muda ahli arloji bernama Alvah Roebuck untuk membuat jam tangan dalam jumlah lebih banyak. Sears and Roebuck Watch Company berdiri di Chicago, Illinois tak lama setelah itu.

Sears dan Roebuck mengetahui bahwa kebanyakan oranga Amerika masa itu tinggal di daerah peladangan. Mereka tinggal jauh dari toko jadi tidak mudah bagi mereka membeli produk yang mereka perlukan.

Sears dan Roebuck kemudian menawarkan produk lain yang dapat dibeli dari toko mereka di Chicago, dengan harga lebih murah dari toko-toko setempat. Dan sekarang Sears dan Roebuck merupakan salah satu toko berantai yang terbesar di Amerika.

Para pakar yang meneliti pengguna Internet untuk berbisnis mengatakan orang lebih banyak membeli barang untuk rumahnya dibandingkan produk lain. In termasuk perabotan seperti meja, kuris, lampu, lukisan dan karpet. Para pakar ini menyebutkan bahwa penjualan melalui Internet telah meningkat 146 persen selama tahun terakhir ini.

Orang memesan pakaian 66 persen lebih banyak dari tahun lalu, sementara buku 31 persen dan peralatan elektronik lebih 25 persen.

Pada tahun 1995 ketika Amazon perrtama kali menjual buku, tidak banyak jenis barang yang dijual di Internet. Keadaan ini telah berubah drastis. Sekarang hampir segala macam barang dapat dibeli. Bahkan ada perusahaan yang membantu orang menjual barangnya di Internet. Belum lama ini, ada orang di Santa Rosa, California yang menawarkan pesawat jet tempur buatan Rusia untuk dijual melalui internet Sudah siapkah anda belanja di Internet? Saya Asri Poeraatmadja, sampai jumpa dalam Aneka Info berikutnya.

XS
SM
MD
LG