Tautan-tautan Akses

Congress Inteligence - 2002-10-23


Direktur Badan Intelijen Pusat Amerika, CIA, mengatakan kepada Kongres, tidak ada cara ampuh untuk mencegah serangan teror pada masa depan, namun ada pelajaran penting yang dipetik dari serangan teroris 11 September. Selengkapnya, ikutilah Amerika Kini berikut.

Sidang dengar keterangan selama lima pekan di depan komisi DPR dan Senat Amerika tidak menghasilkan bukti nyata bahwa ada tindakan tertentu yang dapat mencegah terjadinya serangan teroris 11 September.

Namun menurut Direktur Staf Komisi Intelijen Gabungan Kongres, Eleanor Hill, dicapai beberapa kesimpulan umum mengenai ketidak-efisienan sistem pengumpulan data intelijen di Amerika.

Dalam sidang dengar keterangan itu, Direktur CIA George Tenet berbicara melebihi waktu yang dijatahkan, yaitu 10 menit. Ia berbicara selama hampir satu jam, membeberkan usaha kontra terorisme yang dilakukan badan yang dipimpinnya. Mengakui adanya kesalahan, ia menegaskan bahwa CIA telah memperoleh banyak sukses, yang banyak di antaranya tidak diungkapkan kepada umum. Menurut George Tenet, meskipun selama tahun yang baru lalu , dan pada tahun tahun sebelumnya, CIA cukup sukses dalam menjalankan tugasnya, Al Qaida terus menyusun rencana serangan, dan akan terus berusaha melakukan serangan lagi pada masa depan.

George Tenet mengatakan, selama bertahun tahun tugas CIA terhambat oleh pengurangan anggaran sejak berkahirnya Perang Dingin, sehingga CIA harus melakukan penghematan dalam sumberdaya, dalam usaha tetap melancarkan usaha kontra terorisme secara agresif.

Direktur Biro Penyidikan Federal, FBI, Robert Mueller mengatakan, badan badan pemerintah telah mengambil langkah untuk meningkatkan perbagian informasi, dan melakukan reorganisasi untuk menghadapi ancaman teroris yang terus berlanjut.

Setelah sidang dengar keterangan berakhir, Komisi Gabungan DPR Senat akan menyusun laporan. Senator Partai Republik Richard Shelby mengatakan, laporan itu tidak hanya akan berisi pelajaran yang telah dipetik, tetapi juga mengemukakan pengabdian mereka yang bekerja dalam badan badan intelijen.

Selain Komisi Gabungan itu, sebuah komisi independen akan dibentuk untuk menyelidiki serangan teroris 11 September. Pembentukan Komisi itu sedang dirundingkan Kongres dan Gedung Putih.

XS
SM
MD
LG