Tautan-tautan Akses

Halo VOA Kamis, 19 September 2002, jam 05:30 - 06:30 WIB di Indosiar - 2002-09-17


HALO VOA (Host: Abdul Nur Adnan)

Sikap moderat di antara warga Muslim acapkali dikaitkan dengan keterbukaan dan toleransi, meskipun ada pula yang berpendapat “moderat” cuma istilah yang berasal dari Barat. Misalnya, dalam perang anti-teror saat ini, mereka yang tidak mendukung anti-terorisme biasanya digolongkan sebagai kaum fundamentalis. Dan sebaliknya mereka yang mendukungnya dapat disebut moderat, atau bahkan liberal.

Namun di Indonesia moderatisme lebih dari sekedar istilah, apalagi bila hanya untuk kepentingan sepihak. Juga terkait di sana unsur norma, budaya dan kepercayaan sejak dulu, yang turut membentuk berbagai pergerakan Islam di negeri ini, mulai dari konservatif, post-tradisional, sampai modern.

Berangkat dari latar ini, Halo VOA minggu ini mengambil topik: “Sikap Moderat: Perlukah Dipelihara?” (Traditional Moderation: Is It Worth Preserving?).

Sebagai pembicara akan hadir Munawar Fuad Noeh, MA, Ketua Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Nahdlatul Ulama.

Noeh baru saja selesai mengikuti sebuah seminar di East West Center di Hawaii, dimana ia juga mempresentasikan makalah berjudul “Developing a Tradition of Moderation in Religion.”

Ikuti acara ini bersama host Abdul Nur Adnan, pada hari Kamis, 19 September 2002, jam 05:30 - 06:30 WIB di Indosiar. Anda juga tetap bisa mengikuti acara ini lewat radio.

CARA BERPARTISIPASI:

*Jangan lupa, sekarang Anda dapat menghubungi kami secara langsung--dan gratis--dari rumah. Hubungi kami pada saat berlangsungnya acara Halo VOA dan Halo Amerika.

- Bila Anda memiliki fasilitas Sambungan Langsung Internasional (SLI), Anda tinggal menelpon nomor 001-1-803-015-200-5639. Biaya telpon akan dibebankan pada kami.

- Tidak mempunyai SLI? Tenang saja, Anda masih tetap menghubungi kami secara cuma-cuma lewat collect call. Angkat gagang telpon Anda, hubungi operator di nomor 101 atau 104, dan minta dihubungkan ke nomor 202-619-3483. Jadi, kami tunggu partisipasi Anda!

XS
SM
MD
LG