Tautan-tautan Akses

Manfaat Botox Untuk Kecantikan dan Kesehatan - 2002-07-19


Suntikan toxin, Botox, yang dipuji sebagai suatu cara untuk menghilangkan keriput, juga dapat untuk mengurangi sakit kepala. Penelitian yang dikemukakan dalam sebuah konferensi medis Amerika menunjukkan bahwa Botox dapat mengurangi beberapa jenis sakit kepala.

Botox yang untuk menghilangkan keriput dan menghaluskan kulit muka itu merupakan singkatan dari Botulinum toxin jenis A. Tetapi banyak penderita sakit kepala menyebutnya keajaiban. Botox adalah bentuk murni dari toxin yang menyebabkan peracunan makanan. Beberapa penelitian yang dikemukakan dalam konferensi mengenai sakit kepala di Seattle , negara bagian Washington, Amerika Serikat menunjukkan bahwa suntikan botox di kepala, leher dan bahu, bisa menghilangkan rasa sakit.

Dokter Tod Troost dari Fakultas Kedokteran Universitas Wake Forest di North Carolina mengatakan, salah satu keuntungan terbesar botox untuk pasiennya adalah bahwa dengan botox ini tidak ada pengaruh samping dibandingkan dengan perawatan lain. ”Pada pokoknya dalam hal ini tidak ada pengaruh samping, dan sekarang kami dapati bahwa ini mungkin akan menjadi cara pengobatan utama kami bagi orang-orang yang menderita sakit kepala kronis yang tidak sembuh oleh pengobatan lain."

Dalam penelitian Dokter Troost, 134 orang yang menderita sakit kepala yang tidak dapat diobati , baik migraine, sakit kepala kronis, atau sakit kepala yang disebabkan ketegangan, diberi suntikan botox setiap tiga bulan. Seluruhnya, 84 persen dilaporkan membaik.

Di klinik sakit kepala Houston, di Texas, 112 pasien yang diberi suntikan botox mengalami penurunan rasa sakit sebanyak 75 persen . Riset Klinik Mayo di Scottsdale, Arizona mendapati lebih dari separuh dari 48 orang yang menderita migraine mengalami pengurangan rasa sakit 50 persen setelah mendapat suntikan botox.

Sebuah penelitian lain Houston, di Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi Baylor, membandingkan suntikan botox dengan suntikan air sebagai placebo dalam dua kelompok orang selama 12 minggu. Pemimpin penelitian itu, Dokter William Ondo mengatakan, 53 persen pasien yang mendapat suntikan botox menurut laporan paling sedikit membaik dibandingkan dengan mereka yang mendapat suntikan air yang hanya 7 persen. ”Jadi kesimpulan kami, bahwa bagi pasien –pasien yang menderita sakit kepala kronis setiap hari ini, yang biasanya dianggap sebagai pasien sakit kepala yang paling sulit diobati , suntikan botulinum toxin tampaknya mengurangi rasa sakit banyak pasien ini dan tampaknya cukup aman.”

Para periset juga telah mempelajari bahwa pemberian lebih banyak suntikan botox tampaknya lebih baik daripada kurang. Para pasien peserta dalam peneltian Universitas Wake Forest mendapat dari satu sampai empat suntikan. Sedang seluruhnya, 84 persen pasien yang menurut Dokter Troost jumlahnya meningkat menjadi 92 persen bagi mereka yang mendapat empat suntikan.

“Tampaknya bagi sebagian orang suntikan botox ini sangat efektif, terutama kalau kami berikan beberapa kali suntikan. “

Tetapi periset klinik Mayo Eric Eross mendapati bahwa sementara sebagian pasien mengalami kemajuan besar dalam penelitiannya, sedang yang lain tidak mengalami kemajuan, jadi menurutnya, botox tidak untuk semua orang.

Dia juga mendapati bahwa sering menggunakan obat lain pada waktu yang sama dapat mempengaruhi keefektifan botox. ”Kami tahu bahwa penelitian-penelitian baru mengenai obat-obat lain secara berlebihan dalam menyebabkan obat itu tidak efektif. Jadi kami ingin melihat apakah hal itu terjadi juga pada botox. Jadi kami membandingkan pasien-pasien yang tidak menggunakan obat lain dengan pasien-pasien yang menggunakan obat lain. Kami dapati bahwa tiga setengah kali lebih pasien akan bereaksi terhadap botox kalau tidak menggunakan obat lain.” Botox membantu mengurangi sakit kepala sama seperti menghilangkan keriput pada kulit muka. Botox mengendurkan otot. Para dokter mengatakan, botox juga mengobati yang lain, menghalangi zat yang menimbulkan rasa sakit. Botox harganya mahal sesuai dengan kemanjurannya untuk mengobati sakit kepala. Sekali suntikan berharga seribu dolar, tetapi asuransi kesehatan sering membayar perawatan itu di Amerika Serikat.

XS
SM
MD
LG