Tautan-tautan Akses

KTT G-8 Berakhir Tanpa Persetujuan Pemanasan Global - 2001-07-23


Para pemimpin ketujuh negara industri terkaya dan Rusia telah mengakhiri KTT mereka di Genoa tanpa mencapai persetujuan mengenai pemanasan global. Dalam komunike terakhir mereka, Kelompok Delapan Pemimpin itu mengatakan mereka tetap mempunyai komitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Tetapi mereka mengakui bahwa ketidak sepakatan masih terjadi mengenai perjanjian Kyoto tentang pemanasan global. AS menentang perjanjian itu. Ke delapan negara itu juga sepakat untuk meneruskan pembicaraan perdagangan global, dengan mengatakan mereka bertekad untuk mensukseskan globalisasi bagi semua orang, terutama kaum miskin. Presiden Bush dan Presiden Putin mengadakan pembicaraan tertutup di Genoa .

Sementara, Senator Amerika mantan calon wakil presiden dari Partai Demokrat Joseph Lieberman mengatakan pemerintahan Bush menjalankan politik luar negri yang mengisolir Amerika dari sekutu-sekutunya, termasuk Inggris dan Jepang.

Muncul dalam acara diskusi televisi Amerika, Fox News Sunday, Senator Lieberman menunjuk sikap pemerintahan Bush yang menentang perjanjian pemanasan global Kyoto sebagai contoh.

Presiden Bush bersikeras ia bukan seorang isolasionis, tetapi mengatakan pejranjian Kyoto itu merusak perekonomian Amerika. Negara-negara Eropa mengatakan mereka akan terus melaksanakan perjanjian itu.

XS
SM
MD
LG