Tautan-tautan Akses

18 Lagi Perwira Militer Turki Ditahan


<!-- IMAGE -->

Pemerintah Turki menahan 18 perwira militer lagi terkait dugaan rencana kudeta. Hari Jumat media Turki melaporkan semua, kecuali seorang dari tersangka yang baru ditangkap itu, masih bertugas di militer.

Sejak tindakan keras oleh pemerintah dimulai hari Senin, 31 perwira yang masih aktif dan mantan pimpinan militer telah didakwa merencanakan kudeta.

Sebelumnya, Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan dalam pidato melalui televisi memperingatkan "tidak seorangpun berada di atas hukum."

Pejabat-pejabat Turki menyatakan para tersangka mulai merencanakan kudeta tahun 2003, tidak lama setelah Partai AK yang berkuasa memerintah. Hari Jumat, para jaksa menginterogasi beberapa perwira tinggi, termasuk Jenderal Cetin Dogan.

Para tersangka dalam kasus itu dituduh merencanakan peledakan masjid dan melancarkan serangan lain yang mendiskreditkan pemerintah dan memicu militer mengambilalih pemerintah.

Militer sejak lama menganggap diri sebagai pembela negara sekuler Turki. Dari tahun 1960 sampai 1997, militer sudah menggulingkan empat pemerintahan.

XS
SM
MD
LG