Tautan-tautan Akses

Pengadilan Turki Penjarakan 11 Lagi Tersangka Pelaku Kudeta


<!-- IMAGE -->

Pengadilan Turki telah memenjarakan 11 lagi perwira militer karena dituduh terlibat dalam persekongkolan militer tahun 2003 untuk menggulingkan pemerintah.

Para tersangka yang ditahan Jumat itu termasuk dua laksamana dan seorang purnawirawan jenderal. Mereka akan tetap dipenjarakan sementara menunggu pengadilan.

Pihak berwenang sejauh ini telah menangkap 31 perwira berkenaan dengan tuduhan melakukan persekongkolan itu, sehingga meningkatkan ketegangan dengan angkatan bersenjata.

Sebelumnya, pengadilan membebasakan tiga perwira militer senior purnawirawan setelah mereka diinterogasi. Para jaksa penuntut mengatakan para perwira itu tidak segera dituduh karena kecil kemungkinan mereka akan melarikan diri.

Ketiga orang itu meliputi mantan kepala staf angkatan laut Ozden Ornek, mantan kepala staf angkatan udara Ibrahim Firtina, dan mantan deputi kepala staf angkatan darat Ergin Saygun.

Mantan kepala staf angkatan laut itu mengatakan, dia menjelaskan "adanya kesalah-fahaman" dalam interogasi oleh para penuntut.

Para pemimpin politik Turki dan panglima militer Kamis bertemu dan mengeluarkan penyataan bersama yang menjamin para warga negara bahwa penyelidikan akan ditangani secara hukum dan dengan bertanggung-jawab.

<!-- IMAGE -->

Tetapi ahli politik Cengiz Aktar dari Universitas Bahcesehir mengatakan, akan terus terjadi ketegangan .

XS
SM
MD
LG