Tautan-tautan Akses

Ledakan di Mogadishu Tewaskan 3 Orang, Al-Shabab Salahkan Hizbul Islam


<!-- IMAGE -->

Kelompok pemberontak Somalia Al-Shabab mengatakan tiga anggota kelompok Islamis lain, Hizbul Islam, secara tidak sengaja menewaskan diri mereka sendiri sewaktu memasang sebuah bomb yang semula dimaksudkan untuk mencelakakan para pejabat Al-Shabab.

Penduduk Mogadishu melaporkan telah mendengar ledakan keras semalaman. Senin ini, para pejabat Al-Shabab menunjukkan kepada para wartawan, jenazah tiga pria yang mereka katakan sedang memasang bom jalanan di pasar Bakara, yang dikuasai kelompok Al-Shabab.


Belum ada komentar dari para pemimpin Hizbul Islam. Kedua kelompok Islamis tersebut pernah bersekutu melawan pemerintah Somalia, tetapi seorang pejabat Hizbul Islam mengumumkan Ahad kemarin bahwa persekutuan itu kini telah bubar.

Pejabat bagian penerangan Hizbul Islam, Mohamed Moallim, mengatakan bentrokan antara kedua kelompok itu bersumber pada penolakan Al-Shabab untuk menanggulangi secara damai apa yang disebut Moallim, "kesalahpahaman." Kedua kelompok itu dan para sekutu mereka juga berselisih mengenai kekuasaan atas beberapa daerah, termasuk di antaranya kota pelabuhan Kismayo.

XS
SM
MD
LG