Tautan-tautan Akses

Kata Menhan Rusia, Kalau Rusia Terancam, Akan Pasang Misil Taktis


<!-- IMAGE -->

Menteri Pertahanan Rusia mengatakan, Kremlin dapat menghidupkan kembali rencana menempatkan misil taktis di daerah Kaliningrad barat kalau Moskow merasa keamanannya terancam.

Anatoly Serdyukov mengatakan hari Jumat bahwa kalau “ancaman baru dari Eropa muncul,” Rusia akan menempatkan misil Iskander jarak dekat di bagian barat wilayah itu, yang berbatasan dengan Polandia , anggota NATO.

Rusia, September menyatakan telah membatalkan rencana untuk menempatkan misil balistik di Kaliningrad setelah Presiden Amerika Barack Obama mengumumkan ia telah membatalkan rencana perisai misil Amerika untuk Eropa.

Tetapi, Polandia dan Rumania baru-baru ini telah setuju menerima penempatan misil Amerika pencegat yang berpangkalan di darat sebagai bagian dari perisai pertahanan misil baru yang sudah diubah.

Rusia menentang keras rencana Amerika itu. Perdana Menteri Vladimir Putin telah menyebutnya sebagai hambatan besar untuk mencapai perjanjian pengawasan senjata yang baru dengan Amerika Serikat.

Para pejabat Amerika telah mengatakan perisai misil itu tidak ditujukan terhadap Rusia melainkan untuk melindungi Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya dari kemungkinan serangan misil Iran.

XS
SM
MD
LG