Tautan-tautan Akses

Yaman Tetapkan Batas Waktu Gencatan Senjata Dengan Pemberontak


<!-- IMAGE -->

Yaman telah memberikan batas waktu kepada pemberontak Syiah untuk mengimplementasikan ketentuan gencatan senjata pemerintah guna mengakhiri konflik enam tahun di wilayah utara negara itu.

Penasehat presiden Yaman (Abdul Karim al-Ariani) mengatakan jika para pemberontak menandatangani perjanjian, perang akan segera berakhir.

Pemberontak Houthi bulan lalu menawarkan untuk menerima sebagian besar ketentuan pemerintah Yaman, termasuk menarik diri dari gedung-gedung pemerintah, membebaskan tahanan dan meninggalkan pos-pos militer mereka.

Namun pemerintah menolak tawaran itu, mereka mengatakan para pemberontak harus juga setuju untuk menghentikan serangan lintas perbatasan ke Arab Saudi.

Perjanjian gencatan senjata menganjurkan pembentukan lima komite yang terdiri dari pemberontak dan wakil pemerintah. Salah satu komite akan berfokus pada keamanan perbatasan dan mengikutsertakan wakil dari pemerintah Arab Saudi.

Dalam perkembangan lainnya, adik laki-laki dari buronan ketua kelompok militer dijatuhi hukuman 15 tahun penjara hari Sabtu karena mendukung para pemberontak.


XS
SM
MD
LG