Tautan-tautan Akses

Clinton Desak Tiongkok Dukung Sanksi Baru Terhadap Iran


<!-- IMAGE -->

Menteri Luar negeri Amerika Hillary Clinton mendesak Tiongkok agar mendukung sanksi baru terhadap Iran karena program nuklirnya.

Dia mengatakan kepada wartawan di Paris hari Jumat bahwa Tiongkok akan menghadapi tekanan yang meningkat agar menyadari ketidak-stabilan yang akan diakibatkan oleh Iran yang bersenjata nuklir di kawasan Teluk Pesia.

Clinton menyatakan kekhawatiran akan perlombaan senjata dan memperingatkan bahwa Israel mungkin akan merasa eksistensinya terancam.

Menteri Luar Negeri itu menyadari keengganan Tiongkok untuk mengenakan sanksi lebih jauh karena Iran adalah sumber utama minyak Tiongkok.

Iran terus mengabaikan tuntutan internasional akan jaminan bahwa program nuklirnya adalah untuk tujuan damai. Iran juga telah menolak persetujuan yang hendak menyediakan bahan bakar bagi reaktor penelitian nuklir Iran sebagai imbalan persediaan uraniumnya yang berkadar rendah.

Tetapi, Jumat, kepala Badan pengawas Nuklir PBB, Yukiya Amano, mengatakan kepada para wartawan di Davos, Swiss, bahwa persetujuan mungkin dicapai, pandangan yang juga dikemukakan oleh MenteriLuar Negeri Iran, Manoucher Mottaki..

XS
SM
MD
LG