Tautan-tautan Akses

Militer AS Bangun Rumah Sakit Sementara di Haiti


<!-- IMAGE -->

Militer Amerika mengatakan pihaknya bekerjasama dengan pemerintah Haiti untuk membangun fasilitas medis-sementara bagi para korban gempa yang mulai pulih dari berbagai cedera dan luka.

Panglima Wilayah Selatan Amerika Jenderal Douglas Fraser mengatakan hari Kamis, fasilitas itu akan menyediakan sebanyak 5.000 tempat tidur dan akan meningkatkan secara dramatis kapasitas perawatan medis yang disediakan.

Dia mengatakan kapal rumah sakit Angkatan Laut Amerika Serikat, Comfort, telah melampaui batas kemampuannya untuk memberi perawatan karena sebagian cedera dan luka membutuhkan pengobatan lebih banyak dari yang diperkirakan semula.

Jenderal Fraser mengatakan upaya untuk memasok makanan bagi para korban juga tidak mencapai target dalam beberapa kasus. Menurutnya, meskipun situasi keseluruhan membaik, tentara masih menemukan tempat-tempat di mana bantuan belum tiba meskipun telah lebih dari dua minggu sejak terjadi gempa Januari 12.

Dalam Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, mantan Presiden Amerika Bill Clinton mengimbau bantuan lebih banyak bantuan bagi Haiti. Bill Clinton yang menjadi utusan khusus PBB untuk Haiti, memperingatkan bahwa banyak warga Haiti masih bersusah payah untuk memperoleh pangan dan air. Katanya, tempat-tempat distribusi serta truk yang lebih banyak kini diperlukan.

Clinton juga mendesak para donor internasional dalam forum itu agar berinvestasi di Haiti untuk jangka jangka panjang. Ia menyebut krisis itu sebagai "kesempatan membayangkan- kembali masa depan bagi orang Haiti."



XS
SM
MD
LG