Tautan-tautan Akses

Obama akan Fokus Pada Ekonomi dalam Pidato Kenegaraan Tahunan


<!-- IMAGE -->

Presiden Barack Obama diperkirakan akan memusatkan perhatian pada bidang ekonomi dalam pidato State of the Union hari Rabu, pada saat popularitasnya turun dan pengangguran mencapai 10 persen.

Obama akan menyampaikan pidato di hadapan Kongres dan disiarkan televisi secara nasional. Pidato ini akan minta para anggota kongres agar melakukan pembekuan belanja negara untuk banyak program domestik selama tiga tahun. Gedung Putih mengatakan pembekuan ini merupakan usaha untuk mengurangi defisit anggaran negara yang melonjak.

Pemerintahan Obama mengalami tekanan-tekanan yang sifatnya bertentangan satu sama lain. Di satu pihak ada tuntutan pengurangan belanja, sementara di lain pihak pemerintah dituntut untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kondisi ekonomi yang mengalami kemunduran.

Jurubicara Gedung Putih Robert Gibbs mengatakan presiden akan menanggapi "kemarahan dan kekecewaan" rakyat Amerika seputar perekonomian negara.

Dalam sebuah jajak pendapat baru oleh Wall Street Journal hari Rabu, warga Amerika mengatakan bahwa Obama kurang mencurahkan perhatian pada ekonomi dan terlalu banyak pada reformasi pelayanan kesehatan.

Gibbs mengatakan Rabu bahwa Obama akan mengajak Kongres untuk bekerja sama dalam reformasi pelayanan kesehatan, yang mengalami kemacetan selama perundingan antara para pemimpin Demokrat di DPR dan Senat.


XS
SM
MD
LG