Tautan-tautan Akses

PM Haiti Himbau Bantuan Jangka Panjang


<!-- IMAGE -->

Perdana Menteri Haiti meminta komitmen bantuan internasional jangka panjang untuk membangun kembali negaranya setelah gempa bumi menghancurkan bangunan dan yang menewaskan sekitar 200.000 orang.

Perdana Menteri Jean-Max Bellerive mengimbau bantuan itu hari Senin di Montreal, Kanada, pada konferensi internasional yang dihadiri pejabat tinggi pemerintah dan wakil-wakil organisasi bantuan yang memimpin upaya pemulihan di Haiti.

Perdana Menteri Kanada Stephen Harper mengatakan pembangunan kembali Haiti akan memerlukan setidaknya "10 tahun kerja keras." Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton menyerukan fokus pada pertanian sebagai pembangunan jangka panjang

Sementara itu di Haiti, para petugas bantuan terus bekerja keras menyalurkan makanan, air dan obat-obatan yang sangat diperlukan, hampir dua minggu setelah gempa kuat menghancurkan sebagian ibukota Haiti, Port-au-Prince, dan sekitarnya.

Ratusan ribu orang kehilangan tempat tinggal dan banyak dari mereka sangat memerlukan bantuan. Program Pangan Sedunia mengatakan pihaknya berharap dapat melayani 100 ribu orang perhari dalam tugas yang paling kompleks yang pernah dilakukannya.

WFP mengatakan pihaknya sudah mengirim 2,6 juta paket makanan yang setara dengan delapan juta kemasan kepada sekitar 400.000 korban.

XS
SM
MD
LG