Tautan-tautan Akses

Gates: Tidak Mungkin Memisahkan Taliban Afghanistan dan Taliban Pakistan


<!-- IMAGE -->

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates mengatakan membuat perbedaan antara Taliban Pakistan dan sekutu-sekutunya di Afghanistan adalah kontra produktif, dan Pakistan harus menekan Taliban di kedua sisi perbatasan Pakistan-Afghanistan.

Dalam sebuah tulisan di harian The News di Pakistan hari Kamis, menjelang kunjungan ke Islamabad, Menteri Gates mengatakan membiarkan adanya tempat persembunyian yang aman untuk Taliban di kedua sisi perbatasan itu akan menyebabkan terjadinya lebih banyak lagi serangan maut di Pakistan dan Afghanistan.

Gates mengatakan Taliban Pakistan beroperasi dengan Taliban Afghanistan dan Al-Qaida, dan tidak mungkin untuk memisahkan kelompok-kelompok itu.

Islamabad telah melancarkan ofensif terhadap Taliban Pakistan, tetapi telah menolak tekanan Amerika untuk menyerang Taliban Afghanistan di daerah perbatasan.

Di India hari Rabu, Gates mengatakan kelompok-kelompok teroris sedang berusaha menggoyahkan seluruh wilayah Asia Selatan, mungkin dengan memicu konflik antara Pakistan dan India.

XS
SM
MD
LG