Tautan-tautan Akses

Gates: Al Qaida Berusaha Hasut Konflik Pakistan-India


Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates mengatakan kelompok teroris sedang berusaha merusak stabilitas wilayah Asia Selatan, dan kemungkinan melakukan hasutan agar terjadi konflik diantara Pakistan dan India.

Menteri Pertahanan itu mengatakan, kelompok-kelompok teroris di Afghanistan, Pakistan dan India telah membentuk sebuah "sindikat" yang bekerja untuk al-Qaida. Ia memperingatkan berbagai kelompok ini berusaha menciptakan konflik, dan mungkin hal ini diselenggarakan lewat sebuah "tindakan yang bersifat provokatif."

Gates membuat pernyataan ini di New Delhi, Rabu, setelah mengadakan pertemuan dengan Menteri Pertahanan India A. K. Antony.

Pejabat Amerika mengatakan sindikat pimpinan al-Qaida ini termasuk militan Taliban di Pakistan dan Afghanistan, serta kelompok Lashkar-e-Taiba yang berbasis di Pakistan.

India menuduh Lashkar-e-Taiba sebagai otak serangan Mumbai pada tahun 2008 yang menewaskan lebih dari 160 orang.

Gates memuji apa yang disebutnya sebagai "sikap menahan diri" oleh India setelah terjadi serangan Mumbai, tetapi memperingatkan New Delhi bisa hilang kesabarannya apabila terjadi serangan semacam ini lagi.



XS
SM
MD
LG