Tautan-tautan Akses

Selandia Baru dan Fiji Perbaiki Hubungan


Menteri luar negeri Selandia baru mengatakan negaranya dan Fiji telah mulai memperbaiki hubungan yang beku, tetapi memperingatkan bahwa sanksi yang dikenakan terhadap Fiji akan tetap berlaku.

Murray McCully mengumumkan hari Selasa bahwa ia dan menteri luar negeri Fiji, Ratu Inoke Kubuabola, mengadakan pertemuan di Fiji pekan lalu untuk membicarakan dilanjutkannya kontak diplomatik antara kedua negara. Ia mengatakan kedua negara akan mengangkat dutabesar segera, tetapi tidak memberi jadwal waktunya.

Australia dan Selandia Baru telah melarang pejabat pemerintah militer Fiji melakukan perjalanan melalui negara mereka. Perdana Menteri Fiji, Komodor Frank Bainimarama, tidak mengindahkan tekanan internasional untuk memulihkan demokrasi parlementer. Ia merebut kekuasaan dalam kudeta militer tahun 2006 dan telah berkali-kali melanggar janjinya untuk menyelenggarakan pemilu.

Australia dan Selandia Baru mengusir dutabesar Fiji bulan November, sebagai balasan atas tindakan serupa yang diambil Bainimarama.


XS
SM
MD
LG