Tautan-tautan Akses

AS akan Rilis Laporan Soal Rencana Pengeboman Pesawat yang Gagal


Gedung Putih hari Kamis akan memberi rincian lain mengenai kegagalan intelijen yang menyebabkan upaya pengeboman sebuah pesawat Amerika pada hari Natal.

Jurubicara Robert Gibbs mengatakan para pejabat akan merilis sebuah dokumen bukan rahasia mengenai penyelidikan terhadap seorang lelaki Nigeria, yang diduga berusaha menyulut bahan peledak dalam penerbangan menuju Detroit. Presiden Barack Obama diharapkan akan berpidato mengenai masalah tersebut hari ini (Kamis, 7/1).

Penasihat Keamanan Nasional James Jones mengatakan kepada USA Today bahwa rakyat Amerika akan merasa terkejut apabila mengetahui kekeliruan yang terjadi. Namun ia juga mengatakan, presiden berkomitmen untuk memperbaiki masalah tersebut.

Obama mengritik badan-badan intelijen Amerika awal pekan ini karena gagal mencegah tersangka Umar Farouk Abdulmutallab menumpangi pesawat dari Amsterdam menuju kota Detroit di Amerika.

Ia mengatakan, badan-badan intelijen memiliki cukup banyak bukti untuk mencegah Abdulmutallab namun gagal menganalisa data secara layak.

Abdumutallab yang berusia 23 tahun hari Rabu dituntut dengan enam dakwaan, termasuk di antaranya berupaya menggunakan senjata pemusnah massal dan percobaan pembunuhan.


XS
SM
MD
LG