Tautan-tautan Akses

Militer Israel Harus Konsultasi dengan Para Pakar Hukum dalam Hadapi Konflik


Laporan media di Israel menyebutkan, kelompok militer negara itu telah memutuskan untuk berkonsultasi lebih erat dengan para pakar hukum, tentang bagaimana melancarkan ofensif di masa depan. Menurut laporan tadi, militer Israel ingin memastikan keabsahan operasinya dan menghindari terulangnya kecaman internasional terhadap perang yang dilancarkan terhadap kelompok militan Hamas di Jalur Gaza setahun lalu.

Laporan-laporan tersebut mengungkapkan, panglima utama militer Israel, Gabi Ashkenazi, telah memerintahkan agar stafnya berkonsultasi dengan para ahli hukum selama ofensif dilancarkan, bukan saja hanya dalam tahap perencanaan. Mereka mengutarakan, para perwira militer Israel juga akan menerima lebih banyak pelatihan intensif dalam hal peraturan perang dan hukum internasional.

Tim penyidik PBB yang dipimpin oleh hakim Afrika Selatan Richard Goldstone mengeluarkan laporan tahun lalu yang menuduh baik Israel maupun Hamas telah melakukan kejahatan perang dalam konflik tersebut. Sejak itu, para pejabat politik dan militer Israel telah membatalkan lawatan mereka ke Inggris untuk menghindari kemungkinan ditangkap, atas tuduhan telah melakukan kejahatan perang yang diajukan oleh para aktivis pro-Palestina.


XS
SM
MD
LG