Tautan-tautan Akses

Seorang Hakim AS Tolak Dakwaan atas Beberapa Pengawal Blackwater


Seorang hakim federal menolak dakwaan terhadap lima petugas keamanan Blackwater Worldwide yang dituduh membunuh 17 warga Irak dalam suatu penembakan di ibukota Irak tahun 2007.

Hakim Distrik Amerika Ricardo Urbina hari Kamis menyatakan bahwa jaksa federal menggunakan pernyataan dari para terdakwa secara tidak benar karena mereka telah diberikan janji kekebalan hukum sebelumnya. Hakim Urbina mengatakan penjelasan pemerintah itu "bertentangan, tidak bisa dipercaya, dan kurang masuk akal."

Jaksa penuntut dari Departemen Kehakiman menuduh para petugas itu tanpa alasan menembaki penduduk sipil Irak di persimpangan yang ramai di kota Baghdad bulan September 2007.

Kelima petugas didakwa melakukan pembunuhan sengaja dan melanggar peraturan penggunaan senjata api. Petugas keenam sudah mengaku bersalah atas tuduhan pembunuhan tersebut.

Seorang juru bicara Departemen Kehakiman menyatakan kekecewaannya atas keputusan pengadilan hari Kamis itu dan mengatakan jaksa penuntut sedang mempertimbangkan pilihan lain dalam kasus ini.


XS
SM
MD
LG