Tautan-tautan Akses

PM Jepang Minta Maaf Atas Skandal Dana Politik


Media Jepang mengatakan, kejaksaan telah mendakwa bekas sekretaris PM Yukio Hatoyama memalsukan laporan sumbangan politik bernilai jutaan dolar. Hatoyama yang telah berulangkali membantah melakukan keasalahan, hari Kamis melakukan jumpa pers dan minta maaf atas skandal itu.

Kejaksaan mengatakan, Hatoyama tidak akan didakwa, tetapi bekas pembantunya, Keiji Katsuba yang berumur 59 tahun dan Daisuke Haga, 55 tahun, didakwa memalsukan laporan dana sumbangan politik sebesar 4,4 juta dolar.

Ditambahkan, selain tidak melaporkan semua sumbangan yang masuk, kedua orang itu juga didakwa menyatakan orang-orang yang sudah meninggal sebagai penyumbang, untuk menyembunyikan asal dana itu sebenarnya. Skandal itu sudah diketahui umum selama berbulan-bulan dan mendominasi liputan media Jepang akhir-akhir ini. Dakwaan diajukan sementara pemerintahan Hatoyama hari Kamis memasuki hari ke-100.

Saat ini, PM Hatoyama harus mengambil putusan penting terkait anggaran belanja tahun depan dan pemindahan pangkalan udara Amerika di Okinawa.

XS
SM
MD
LG