Tautan-tautan Akses

Pembangkang Terkemuka Tiongkok Diadili


Tiongkok melarang diplomat asing menghadiri pengadilan hari Rabu terhadap seorang pembangkang yang menganjurkan tindak subversif.

Tetapi pihak berwenang mengizinkan ipar laki-laki Liu Xiaobo memasuki ruang Pengadilan Rakyat di Beijing untuk menghadiri peradilan itu.

Ipar laki-laki Liu Xiaobo itu, Liu Hui, mengatakan peradilan itu berlangsung kira-kira dua jam. Dia mengatakan para jaksa menuduh Liu Xiaobo melakukan kejahatan "serius" dan mengatakan putusan pengadilan akan diumumkan hari Jumat.

Istri Liu Xiaobo dan para diplomat Barat berkumpul di luar gedung pengadilan Beijing setelah pihak berwenang melarang mereka masuk ruang pengadilan.

Liu Xiaobo telah ditahan selama lebih dari setahun karena ikut menulis 'Piagam 08', sebuah manifesto pro-demokrasi yang menyerukan reformasi politik dan hak asasi di Tiongkok. Ia diancam hukuman penjara 15 tahun.


Pejabat kedutaan besar Amerika Gregory May mengatakan kepada wartawan, Amerika telah minta kepada pemerintah Tiongkok agar pengadilan diselenggarakan secara adil dan transparan.


XS
SM
MD
LG