Tautan-tautan Akses

PM Libanon Berkunjung ke Suriah


PM Libanon Saad Hariri telah tiba di Suriah untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Bashar al-Assad, dalam lawatan yang mungkin membantu memperbaiki hubungan antara kedua negara.

Lawatan ini akan menjadi kunjungan Hariri yang pertama ke Suriah sejak ayahnya, mendiang PM Libanon Rafiq Hariri, menjadi korban pembunuhan tahun 2005.

Suatu penyelidikan yang dilakukan PBB menuduh Suriah bertanggungjawab atas rencana pembunuhan itu, namun para pejabat Damaskus menyangkal terlibat. Sebuah ledakan bom yang dikendalikan dari jarak jauh di Beirut, menewaskan Rafiq Hariri dan puluhan lainnya, serta melukai paling sedikit 100 orang.

Serangan spektakuler itu memicu sentimen anti-Suriah di Libanon dan tekanan rakyat pada akhirnya mendorong Suriah untuk menarik pasukannya dari Lebanon yang telah 30 tahun ditempatkan di sana. Kedua negara menjalin kembali hubungan diplomatik penuh awal tahun ini.

Bulan lalu, Hariri menyampaikan kepada parlemen bahwa ia ingin kembali menjalin hubungan lebih dekat antara Suriah dan Libanon, mengingat sejarah hubungan kedua negara selama berabad-abad.



XS
SM
MD
LG