Tautan-tautan Akses

Parlemen Afghanistan Kaji Calon Menteri Pilihan Karzai


Di Kabul, Presiden Hamid Karzai telah mengirim daftar calon menteri untuk duduk di kabinetnya yang baru ke parlemen negeri itu.

Siapa yang terpilih menjadi menteri secara luas dipandang sebagai ujian bagi komitmen Presiden Karzai terhadap reformasi. Daftar 23 calon menteri untuk kabinet baru itu mempertahankan hampir semua menteri utama dari pemerintahan Karzai sebelumnya, termasuk menteri dalam negeri, menteri pertahanan dan menteri keuangan.

Karzai mendapat tekanan bertubi-tubi dari dunia internasional dalam upaya memberantas korupsi dan meningkatkan kemampuan melaksanakan pemerintah. Jika dia tidak melakukan reformasi yang efektif, negara-negara Barat kemungkinan akan menarik bantuan militer dan bantuan lainnya.

Majelis Rendah atau Walasi Jirga mulai memperdebatkan apakah mendukung nominasi itu atau tidak, dan sejumlah anggota parlemen segera mengecam beberapa calon pilihan presiden itu.

Presiden Karzai berjanji untuk bekerja erat dengan pemimpin oposisi setelah dia memenangkan pemilihan yang disengketakan itu bulan Agustus, namun tak ada anggota oposisi terdapat dalam daftar calon menteri.


XS
SM
MD
LG