Tautan-tautan Akses

Geithner: Program Dana Talangan Masih Diperlukan Untuk Usaha Kecil


Menteri Keuangan Amerika Timothy Geithner mengatakan program penyelamatan sebesar 700 milyar dollar untuk industri keuangan beralih fokus dari bantuan bagi bank-bank dan perusahaan-perusahaan investasi besar ke bantuan bagi bank-bank dan usaha kecil.

Dalam dengar keterangan hari Kamis Geithner memberitahu Kongres bahwa Program Bantuan untuk Aset Bermasalah atau TARP telah membantu mencegah keruntuhan ekonomi. Dia mengatakan ekonomi telah membuat langkah besar menuju pemulihan tetapi tetap rapuh. Menurut menteri keuangan itu, perekonomian mungkin masih memerlukan semacam pinjaman darurat dan bantuan yang dapat diberikan oleh TARP.

TARP dijadwalkan selesai pada akhir bulan ini, tapi Geithner memberitahu Kongres bahwa ia memperpanjang program kontroversial itu hingga Oktober tahun depan.

Ia juga mengatakan program itu tidak akan menggunakan seluruh dana 700 milyar dollar, dan menurutnya, banyak pinjaman darurat yang menopang bank-bank telah dibayar kembali berikut bunganya.

Geithner juga mengatakan pinjaman TARP kepada perusahaan raksasa asuransi yang bermasalah, yakni AIG, dan perusahaan-perusahaan pembuat mobil Amerika kemungkinan akan mengakibatkan kerugian. Namun, ia mengatakan kerugian mungkin tidak separah seperti perkiraan semula.



XS
SM
MD
LG