Tautan-tautan Akses

Oscar Arias: Pemilu di Honduras Jalan Keluar dari Krisis


Presiden Costa Rica Oscar Arias mendesak para pemimpin kawasan itu agar menyambut pemilihan presiden hari Minggu di Honduras sebagai jalan keluar krisis politik yang berhubungan dengan penggulingan Presiden Manuel Zelaya dalam kudeta.

Presiden Arias mengatakan dalam wawancara yang disiarkan oleh CNN Jumat bahwa dunia hendaknya jangan menghukum pemerintah Honduras yang berikut karena kudeta itu. Ia dikutip mengatakan kalau semuanya berjalan baik dalam pemilu itu, mayoritas besar negara-negara harus mengakui hasilnya.

Arias adalah perantara utama dalam perundingan yang tidak berhasil untuk memulihkan kekuasaan Zelaya, setelah Zelaya digulingkan 28 Juni lalu.

Amerika Serikat mengatakan pemilu itu adalah satu lagi langkah penting untuk memulihkan demokrasi dan undang-undang dasar di Honduras. Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Ian Kelly mengatakan penyelenggaraan pemilu yang bebas, adil dan transparan perlu tetapi tidak cukup bagi Honduras untuk menegakkan kembali tertib demokrasi dan undang-undang dasar.

XS
SM
MD
LG