Tautan-tautan Akses

Chavez dan Ahmadinejad Kutuk Imperialisme AS


Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad berkunjung ke Venezuela, persinggahan terakhirnya dalam perlawatan ke-3 negara Amerika Latin yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan dengan para pendukung program nuklir negaranya yang dipertentangkan itu.

Presiden Ahmadinejad bertemu hari Rabu di Caracas dengan tuan-rumahnya, presiden Venezuela Hugo Chavez. Kedua pemimpin mengutuk apa yang disebutnya "imperalisme" Amerika. Presiden Chavez juga mengecam Presiden Israel Shimon Peres, yang baru-baru ini berkunjung ke Amerika Selatan dan memperkirakan bahwa masa kekuasaan Chavez dan Ahmadinejad tidak akan lama lagi. Presiden Chavez memutuskan hubungan dengan Israel tahun ini sebagai protes atas serangan militernya ke Gaza.

Masyarakat Yahudi Venezuela telah mengecam penerimaan pemimpin Iran itu oleh pemerintahan Chavez, dengan menyebut Ahmadinejad "tokoh berbahaya" yang dapat berbuat bencana besar terhadap kemanusiaan.

Ahmadinejad telah menyebut pembantaian Yahudi tahun 1940-an sebagai mitos dan menyerukan supaya Israel "dilenyapkan dari peta."


XS
SM
MD
LG