Tautan-tautan Akses

6 Kekuatan Dunia Desak Iran Terima Kesepakatan Nuklir


Para pejabat dari enam kekuatan dunia menyatakan kecewa karena Iran menolak usulan agar mengirim uraniumnya ke luar negeri untuk diperkaya lebih lanjut dan mendesak Iran untuk mempertimbangkannya kembali.

Pejabat Uni Eropa Robert Cooper mengatakan Iran tidak menanggapi "secara positif" rencana pengayaan uranium yang ditengahi PBB yang bertujuan menghapus kekhawatiran bahwa Iran sedang membuat senjata nuklir.

Cooper berbicara setelah para wakil dari Jerman dan lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB yaitu Amerika, Inggris, Perancis, Tiongkok dan Rusia, mengadakan pembicaraan mengenai program nuklir Iran yang diadakan Jumat di Brussels.

Menteri Luar Negeri Iran Manouchehr Mottaki mengatakan negaranya tidak akan memroses uranium yang diperkaya di luar negeri dan hanya akan mempertimbangkan untuk barter uranium dengan bahan bakar di dalam Iran.

Jumat, kepala badan nuklir PBB Mohamed ElBaradei mendesak Iran agar menerima tawaran itu. Ia berharap Iran tidak menyia-nyiakan apa yang ia sebut "kesempatan unik dan sekejap itu."


XS
SM
MD
LG