Tautan-tautan Akses

Obama dan Lee Desak Korea Utara agar Kembali ke Pembicaraan Nuklir


Presiden Amerika Barack Obama dan Presiden Korea Selatan mendesak Korea Utara agar kembali ke pembicaraan internasional mengenai pengakhiran program nuklirnya dan menghentikan tindakannya yang provokatif.

Setelah pertemuan di Seoul hari Kamis, Lee mengatakan kepada wartawan bahwa dia dan Presiden Obama sepakat untuk bekerja-sama dengan erat untuk mengusahakan agar Korea Utara kembali ke pembicaraan enam pihak itu. Mereka juga mengatakan kesabaran sudah hampir habis.

Obama mengatakan bahwa kalau Korea Utara mengambil langkah sungguh-sungguh mengenai masalah nuklir itu, pengurangan sanksi dan penerimaan kembali Korea Utara dalam masyarakat internasional akan menyusul pada waktunya.

Dia juga mengatakan utusan Amerika Stephen Bosworth akan pergi ke Pyongyang bulan depan dalam usaha meratakan jalan bagi babak baru pembicaraan, yang telah diboikot Korea Utara sejak April.

Dalam pernyataannya, Presiden Korea Selatan mengatakan bahwa dia yakin masyarakat internasional sedang memasuki bab baru dalam usaha menyelesaikan masalah nuklir itu.

Kedua pemimpin itu juga menegaskan kembali pentingnya menyelesaikan persetujuan perdagangan bebas Amerika-Korea Selatan yang sudah lama tertunda.**



XS
SM
MD
LG