Tautan-tautan Akses

Penjara di Illinois Berpotensi Tampung Tahanan Guantanamo


Sejumlah pejabat pemerintahan Obama mengatakan sebuah penjara yang hampir kosong di negara bagian Illinois mungkin dapat menampung tahanan penjara Teluk Guantanamo bersama-sama tahanan federal lain.

Mereka mengatakan Sabtu malam bahwa lembaga pemasyarakatan Thomson dengan tingkat keamanan maksimum, yang berlokasi 220 kilometer di sebelah barat Chicago, menjadi pilihan utama untuk dibeli pemerintah federal. Pemerintah lalu bisa memindahkan para tersangka teroris ke penjara dengan sel berjumlah 1.600 itu.

Mereka tidak mengatakan berapa banyak atau kapan tahanan Teluk Guantanamo bisa dipindahkan ke Illinois.

Gubernur Illinois Pat Quinn akan mengadakan jumpa pers hari Minggu. Pihak berwenang lokal mengatakan penggunaan penjara itu oleh pihak federal akan menciptakan lapangan kerja yang sangat dibutuhkan.

Banyak politisi partai Republik di negara bagian itu, termasuk anggota Kongres Mark Kirk yang sedang berkampanye untuk mendapat kursi senat bekas Obama dulu, menentang ide itu. Ia mengatakan membawa tersangka teroris ke Illinois akan membuat negara bagian itu "pusat" perencanaan dan rekruitmen para teroris yang berjihad.

XS
SM
MD
LG