Tautan-tautan Akses

Amerika akan Kirim Utusan ke Korea Utara


Pemerintahan Obama sepakat untuk mengirim seorang utusan ke Korea Utara dalam usaha memulai kembali perundingan enam pihak tentang program senjata nuklir Pyongyang.

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan telah memberi tahu Korea Utara bahwa Washington siap mengirim utusan khusus Stephen Bosworth untuk melakukan pembicaraan. Jurubicara Departemen Luar Negeri P J Crowley mengatakan kapan lawatan Bosworth akan dilakukan belum ditetapkan.

Crowley mengatakan pemerintah Amerika sepakat mengirim sebuah misi ke Korea Utara setelah dilakukan konsultasi dengan sekutu-sekutu Amerika mengenai cara melibatkan Korea Utara kembali dalam pembicaraan program nuklirnya.

Katanya, Bosworth akan berusaha memperoleh persetujuan Korea Utara untuk memulai kembali pembicaraan enam pihak, yang oleh Korea Utara diboikot sejak April.

Crowley mengatakan, Washington ingin Korea Utara kembali pada persetujuan enam pihak tahun 2005 dimana Pyongyang akan melucuti program senjata nuklir nya dan sebagai imbalan, Korea Utara akan memperoleh bantuan dan keuntungan lain.

XS
SM
MD
LG