Tautan-tautan Akses

PBB Debatkan Kasus Kejahatan Perang Di Gaza


Majelis Umum PBB hari Rabu memperdebatkan laporan PBB yang kontroversial yang menuduh Israel dan kelompok militan Palestina Hamas melakukan kejahatan perang dalam perang mereka di Gaza.

Majelis Umum yang beranggotakan 192 negara itu diperkirakan akan terus memperdebatkan dan memungut suara hari Kamis mengenai resolusi yang tidak mengikat yang meminta kepada kedua pihak agar melakukan penyelidikan yang layak dipercaya atas tuduhan kejahatan perang dalam waktu 3 bulan.

Dalam pidatonya di hadapan Majelis Umum hari Rabu, dutabesar Israel Gabriela Shalev menyatakan lagi sikap pemerintahnya bahwa Israel melakukan tindak bela-diri. Dia menyebut penyelidikan PBB sepihak dan mengatakan laporan itu dibuat dengan kebencian dan kesimpulannya sudah diatur sebelumnya.

Dutabesar Palestina Riyad Mansour mengatakan pihak berwenang Palestina memandang tuduhan laporan itu sangat serius mengenai kemungkinan pelanggaran Hamas. Tetapi, ia mengatakan tindakan mereka tidak ada artinya dibanding dengan tindakan Israel.

Laporan tersebut menyarankan agar Israel dan Hamas menghadapi kemungkinan tuntutan hukum di Den Haag kalau mereka tidak melakukan penyelidikan yang independen mengenai pelanggaran ham itu.

XS
SM
MD
LG