Tautan-tautan Akses

Utusan AS Bertemu Pemimpin Militer Birma


Dua pejabat tinggi Amerika telah mulai mengadakan pembicaraan di Birma dengan para pemimpin militer negara itu. Ini merupakan kontak tingkat tertinggi yang dilakukan kedua negara dalam satu dasawarsa lebih.

Pejabat kedutaan Amerika di Birma mengatakan Asisten Mentri lluar negri Kurt Campbell, diplomat tertinggi urusan Asia Timur dan deputinya (Scot Marceil) Selasa ini bertemu dengan pejabat tingkat mentri di ibukota administrasi negara itu, Naypyidaw.

Delegasi Amerika itu diduga akan bertemu dengan Perdana Mentri Birma, Jendral Thein Sein Rabu pagi. Pejabat Amerika itu kemudian akan bertemu dengan pemimpin oposisi yang ditahan Aung San Suu Kyi dan beberapa anggota partainya di kota Rangoon.

Campbell adalah pejabat tertinggi Amerika yang mengunjungi Birma sejak duta besar Amerika untuk PBB, Madeleine Albright, melawat ke sana pada bulan September 1995.

Kunjungan ini adalah bagian dari upaya baru Washington untuk lebih berfokus pada pembicaraan langsung dengan pemerintahan militer negara itu.


XS
SM
MD
LG