Tautan-tautan Akses

PBB: Perjanjian Iklim Global Terbaru Tak Mungkin Dicapai Bulan Desember


Pejabat tinggi PBB bidang iklim mengatakan tidak mungkin bagi para kepala negara untuk mencapai persetujuan pengurangan pemanasan global dalam pertemuan tingkat tinggi yang akan datang.

Tapi Yvo De Boer, Direktur eksekutif PBB urusan Perubahan Iklim, mengatakan kepada wartawan hari Rabu, meski demikian unsur-unsur politik dalam perjanjian itu harus sudah diselesaikan dalam pertemuan tingkat tinggi di Copenhagen bulan Desember.

De Boer mengatakan kunci sukses pertemuan itu adalah apabila negara-negara maju setuju untuk memberi bantuan kepada negara-negara miskin untuk mencapai tujuan anti polusi jangka panjang.

Walaupun demikian, perundingan yang dilakukan negara-negara Eropa untuk menentukan bagaimana mendanai hal tersebut berantakan minggu lalu di London. Banyak hal yang tidak disepakati oleh menteri-menteri keuangan khususnya tentang bagaimana menanggung biaya tersebut bersama-sama.

Putaran terbaru negosiasi tingkat menteri akan diadakan yakni hari Senin di Barcelona – Spanyol. Pertemuan antar menteri ini adalah yang terakhir sebelum pertemuan tingkat tinggi 7 Desember di Copenhagen.


XS
SM
MD
LG