Tautan-tautan Akses

Negara-Negara Asia Tenggara Bahas Persatuan Asia


Para pemimpin negara-negara Asia Tenggara mengadakan pertemuan hari ke-3 di Thailand, Ahad ini, untuk membahas kerjasama ekonomi, manajemen bencana dan perubahan iklim. K

TT yang mengelompokkan 10 anggota ASEAN, plus Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, India, Australia dan Selandia Baru itu, telah didominasi oleh pembahasan tentang persatuan lebih besar. Ke-16 negara itu mewakili separuh penduduk dunia. MenLu Thailand Kasit

PM Jepang Yukio Hatoyama mengatakan, terdapat dukungan terhadap usulannya dalam pembentukan blok perdagangan seperti model Uni Eropah. Hatoyama memberitahu wartawan bahwa blok perdagangan semacam itu akan memerlukan lebih dari 10 tahun untuk menciptakan semacam nata uang regional.

Saptu kemarin, Hatoyama mengatakan, Jepang menginginkan AS memainkan satu peran dalam perhimpunan baru itu. Dia menambahkan, persekutuan Jepang dengan AS merupakan salah satu dasar dari kebijakan luar negeri Jepang.

Para pemimpin negara-negara tadi memperdebatkan tentang peran apa yang dapat dimainkan oleh AS dalam sebuah perserikatan regional.

XS
SM
MD
LG