Tautan-tautan Akses

Amerika Minta Swiss Ekstradisi Roman Polanski


Amerika meminta Swiss untuk mengekstradisi sutradara film Roman Polanski agar ia bisa menghadapi proses pengadilan di California karena berhubungan seks dengan seorang anak tahun 1977.

Kantor kehakiman Swiss mengatakan pihak berwenang di Zurich akan mengadakan pertemuan untuk memutuskan apakah Polanski akan dikembalikan ke Amerika. Kantor itu mengatakan permintaan ekstradisi Amerika yang dikirim hari Kamis mengatakan sutradara pemenang Oscar itu bisa dipenjara maksimal 2 tahun.

Kepolisian Swiss menangkap pria berusia 76 tahun itu di Zurich hampir 4 minggu lalu ketia ia datang untuk menerima sebuah penghargaan festival film.

Polanski kabur dari Amerika tahun 1978 setelah dia menyatakan bersalah berhubungan seks dengan gadis berusia 13 tahun. Awalnya ia dikenai 6 tuduhan, termasuk pemerkosaan dan sodomi, sebelum ia menerima tuduhan yang lebih ringan untuk seks dengan anak dibawah umur.

Pengacara sutradara itu mengatakan Polanski akan melawan permintaan ekstradisi Amerika itu. Jika permintaan itu dikabulkan, Polanski dapat naik banding ke pengadilan kriminal tinggi Swiss dan kemudian ke Mahkamah Agung.


XS
SM
MD
LG