Tautan-tautan Akses

Sejumlah Diplomat Minta Karzai Untuk Terima Hasil Pemilu


Presiden Afghanistan Hamid Karzai terus mendapat tekanan global hari Minggu untuk menerima kemungkinan adanya pemilu tahap kedua dalam pemilu Afghanistan yang dipermasalahkan.

Sejumlah pejabat senior asing menghimbau Karzai untuk menerima hasil penyelidikan oleh panel yang didukung PBB mengenai kecurangan yang bisa menentukan apakah pemilu bermasalah itu akan berlanjut ke tahap ke-2.

Menteri Luar Negeri Perancis Bernard Kouchner, Senator Amerika John Kerry dan mantan Duta Besar Amerika untuk Afghanistan Zalmay Khalilzad bertemu dengan Karzai di Kabul hari Sabtu menjelang pengumuman oleh Komisi Pengaduan Pemilu (ECC).

Senator Kerry mengatakan dalam wawancara dengan CNN bahwa adalah tidak bertanggung jawab jika Amerika mengirimkan pasukan lebih ke Afghanistan jika hasil pemilu Afghanistan tidak jelas.

Hasil awal bulan lalu menunjukkan Karzai memperoleh 54 persen suara. Saingan utamanya, mantan menteri luar negeri Abdullah Abdullah, mendapat 28 persen. Tetapi jika ECC membuang cukup banyak jumlah suara sehingga suara Karzai menjadi dibawah 50 persen, tahap kedua pemilu harus dilakukan.

XS
SM
MD
LG