Tautan-tautan Akses

Bernanke: Resesi Kemungkinan Besar Sudah Berlalu


Gubernur Bank Sentral mengatakan resesi “sangat mungkin sudah berlalu” tetapi memperingatkan perlu waktu bagi banyak warga Amerika untuk merasa lega.

Gubernur Federal Reserve Ben Bernanke mengatakan Selasa, data ekonomi memperlihatkan ekonomi Amerika mulai mengalami pertumbuhan dan akan terus demikian sampai tahun depan.

Tetapi, ia sepakat dengan ramalan ekonomi yang mengatakan bahwa meskipun sudah ada pertumbuhan, namun ekonomi tidak akan menciptakan lapangan pekerjaan baru dan pengangguran masih akan tinggi untuk beberapa lamanya. Pandangan Bernanke tentang ekonomi berlawanan dengan pendapat pejabat Amerika terkemuka lainnya.

Menteri Keuangan Timothy Geithner mengatakan di acara televisi ABC, Good Morning America, bahwa pemerintahan Obama belum akan merasa puas sampai warga Amerika yang menganggur berhasil memperoleh pekerjaan.Geithner mengatakan, kita belum berada pada titik dimana kita bisa mengatakan demikian.

Sementara itu, para konsumen Amerika mulai belanja lagi di bulan Agustus. Sebuah laporan Selasa dari Departemen Perdagangan Amerika mengatakan penjualan eceran naik 2 koma 7 persen pada bulan Agustus, lompatan terbesar dalam kurun waktu lebih dari tiga tahun.

Pejabat Perdagangan mengatakan peningkatan ini di awali oleh peningkatan penjualan mobil, yang dimotori oleh program pemerintah, Cash for Clunkers, yang memberikan insentif untuk pemilik mobil tua dan boros, agar mereka bisa menukarkannya dengan yang lebih baru dan lebih efisien. Tanpa diiringi penjualan mobil itu, laporan itu mengatakan, pembelian masih meningkat lebih dari satu persen.

Sebuah laporan Departemen Perdagangan lainnya memperoleh temuan, bisnis Amerika mengurangi sediaan mereka untuk bulan ke 11 berturut-turut dalam bulan Juli, akibat adanya sedikit peningkatan dalam penjualan.

Beberapa pakar ekonomi menilai kedua laporan ini merupakan petunjuk Amerika keluar dari resesinya yang terburuk sejak PD ke 2.

XS
SM
MD
LG