Tautan-tautan Akses

Obama Usulkan Aturan Efisiensi Bahan Bakar Baru


Presiden Amerika Barack Obama telah mengumumkan sebuah rencana bagi standar nasional baru yang mensyaratkan pengetatan peraturan emisi gas rumah kaca dan standar efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi untuk kendaraan.

Berbicara kepada pekerja mobil Selasa di pabrik General Motors, di Ohio, Obama mengatakan peraturan ini akan memberi industri mobil Amerika kejelasan, stabilitas dan kepastian.

Pejabat pemerintah mengatakan standar baru ini mengusulkan kendaraan memiliki kemampuan 35 miles per galon pada tahun 2016. Pejabat menaksir akan meningkatkan harga kendaraan baru sebesar 1300 dolar.

Dalam kesempatan terpisah, Presiden Obama juga menyampaikan sebuah pidato berapi-api, gaya kampanye, tentang rencana reformasi pelayanan kesehatannya kepada serikat buruh terbesar di Amerika.

Ia memperoleh sambutan hangat dari kelompok itu ketika menyebut usulan “opsi publik”, sebuah program kesehatan yang akan dikelola pemerintah serta akan bersaing dengan fihak asuransi swasta. Usul ini merupakan sumber perdebatan hangat diantara para anggota Kongres dan juga warganegara Amerika.

Presiden menyerukan para hadirin dalam konvensi AFL CIO itu agar mereka “bersemangat” dan “siap memperjuangkan” usulannya itu.

XS
SM
MD
LG