Tautan-tautan Akses

Pesawat Antariksa Discovery Mendarat di Kalifornia


Pesawat antariksa ulang-alik Discovery Amerika telah berhasil mendarat di landasan cadangan di Kalifornia, setelah cuaca buruk menghalangi pendaratan di Pusat Antariksa Kennedy di Florida.

Discovery dan ke-7 astronotnya mendarat di Pangkalan Angkatan Udara Edwards di Gurun Mojave Jumat sesuai dengan jadwal, dan membuatnya pendaratan pesawat ulang-alik yang ke-54 di sana.

NASA lebih menghendaki pendaratan pesawat ulang-alik di Florida, karena menghemat biaya dan mengurangi kerepotan mengangkut pesawat itu kembali ke Pusat Antariksa Kennedy. Pesawat antariksa itu diangkut dengan memasangny di atas punggung pesawat jet jumbo yang sudah diubah khusus.

Para astronot Discovery pulang dari misi dua minggu mereka yang mencakup pengangkutan peralatan 8000 kilogram ke Stasiun Antariksa Internasional.

Pesawat tersebut membawa pulang astronot Amerika Tim Kopra, yang telah berada di orbit selama dua bulan. Seorang lagi astronot Amerika, Nicole Stott, menggantikannya sebagai satu dari 6 orang awak dalam stasiun yang mengorbit itu.


XS
SM
MD
LG