Tautan-tautan Akses

Ahmadinejad Menolak Negosiasi “Hak” Nuklirnya


Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan program nuklir negaranya adalah "hak" yang ia tidak akan pernah negosiasikan dengan negara-negara besar.

Berbicara dalam jumpa pers hari Senin, Ahmadinejad mengatakan dari sudut pandang Iran, masalah nuklirnya sudah selesai. Tetapi ia katakan Iran akan berdialog untuk bekerjasama dalam penggunaan energi nuklir untuk tujuan damai.

Kelompok enam negara besar, yang terdiri dari 5 anggota tetap Dewan Keamanan PBB serta Jerman meminta dialog dengan Iran mengenai masalah nuklirnya yang kontroversial.

Kelompok ini telah menawarkan Iran insentif untuk menghentikan pengayaan uraniumnya, dan mempertimbangkan sanksi atas Iran jika tidak bekerjasama.

Iran mengatakan mereka akan segera memberikan proposalnya kepada kelompok 6 negara tersebut. Ahmadinejad juga menawarkan untuk melakukan debat publik dengan Presiden Amerika Barack Obama.

Amerika dan sekutu Baratnya menuduh Iran membuat senjata nuklir, tetapi Iran bersikukuh bahwa kegiatannya untuk tujuan damai dan bagi rakyat.

XS
SM
MD
LG